About

Blog ini secara umum berisikan pengetahuan saya yang sedikit ini tentang beberapa bagian dari sistem telekomunikasi terutama berkenaan dengan pemrosesan sinyal, teori informasi (information theory) dan teori coding (coding theory). Model dari sistem telekomunikasi secara umum dapat digambarkan dengan diagram sebagai berikut

Model Sistem KomunikasiInformasi dari sumber (source) pertama kali diproses oleh source encoder untuk mendapatkan data yang lebih kompak. Source codeword dari hasil kompresi ini berupa urutan simbol yang umumnya berupa bilangan biner (binary). Kemudian simbol-simbol tersebut ditransformasi oleh encoder ke simbol-simbol yang disebut dengan (channel) codeword guna memperkuat ketahanan data dari segala distorsi dan interferensi di kanal (channel) serta noise yang tidak bisa dielakkan. Selanjutnya setiap simbol atau beberapa simbol dari codeword dipetakan kedalam suatu simbol analog oleh modulator untuk kemudian dikirimkan ke penerima (receiver). Receiver melakukan inverse dari pemrosesan di transmitter; dalam hal ini dilakukan oleh demodulator dan decoder. Beberapa modul turunan dari blok di atas (dan akan segera ditulis), diantaranya:

Sebagai catatan, Shannon pertama kali memetakan dasar dari permasalahan komunikasi secara matematis pada tahun 1948, dalam paper legendarisnya yang berjudul A Mathematical Theory of Communication. Di dalam paper ini, Shannon menyederhanakan permasalahan dari sistem komunikasi menjadi : Information Source –> Transmitter –> (channel)+noise –> Receiver –> Destination. Teori Informasi yang lahir dari paper ini berhasil menunjukkan limit dari sistem komunikasi.

Tools yang biasa saya gunakan untuk memudahkan pembelajaran adalah berupa software MATLAB. Namun tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan software pendukung lainnya, seperti: GNU octave, C, ataupun C++.

Beberapa artikel tidak berhubungan dengan topik ini namun menarik untuk mengisi waktu luang 🙂

Silahkan segera koreksi tulisan saya jika ada kesalahan di sana sini, dengan cara menuliskannya di bagian komentar  dari artikel tersebut ;).
Mohon maaf jika komentar tidak segera saya tanggapi karena kemungkinan adanya kesibukan :p

Salam,

Ade
ORCID ID: orcid.org/0000-0002-2178-0590
ResearcherID: L-7374-2016
Scopus Author ID: 35174481400


Every place is a school.
Every individual is a teacher.
Every thing is a lesson.
Every moment is an opportunity

4 thoughts on “About

  1. ternyata temen2nya orang2 yg ahli-ahli ya
    but,,,kayknya kalau dibilang dewa, terlalu deh
    kalau ada manusia yg kayak ade cs, brarti ada pencipta yg luaaaarrr biasaaaa kerennya,,, ya kan?
    Subhanallah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s