Shared Folder Virtual Windows-Ubuntu di VirtualBox

Inginnya migrasi ke linux biar merdeka dari software berbayar. Tapi kayaknya harus bertahap :p, karena ada beberapa software di windows yang masih dibutuhkan, misal : visio. Ya, walaupun openoffice punya openoffice drawing, atau ada juga software open source lainnya yang mirip visio, tapi tampilannya kurang ciamik dan tidak segampang penggunaan di visio :p.

Oleh karena itulah aku masih sedikit membutuhkan windows, maka aku install Virtualbox buat menjadikan windows sebagai virtual OS di ubuntu ku. Virtualbox yang aku gunakan saat ini adalah versi 2.1.4. Hmm… inginnya sih menjelaskan cara menginstall nya dulu tapi kapan-kapan aja deh atau googling aja ;). Masalahnya adalah setelah terinstall itu aku ingin data-data yang ada di host (ubuntu) bisa kebaca ama windowsnya. Nah, setelah googling kesana kemari, masih kurang jelas dan akhirnya ku punya caraku sendiri ๐Ÿ˜‰ ( walaupun masih nyontek orang lain ๐Ÿ˜€ ).

Yang harus dipersiapkan pertama kali adalah menginstall guest additions. Caranya gampang, setelah menjalankan virtual windows nya, klik Devices > Install Guest Additions.

Virtual Windows di Ubuntu
Virtual Windows di Ubuntu

Nah, disinilah kita mulai dengan versi yang aku bilang tadi. Pengalaman menggunakan speedy terkadang pas ng-install guest additions itu sering putus. Lalu kita coba cari sendiri di link yang lain yang penting dapat versi yang sama. Ingat, yang harus diambil adalah image (file iso) nya. Lalu kemudian kita mount image file tersebut, caranya :

klik Devices > mount CD/DVD-ROM > CD/DVD-ROM Image..

lalu kita add, arahkan ke file image yang sudah kita download tadi.

Lalu simsalabim, kalau kita buka windows eksplorernya maka akan kita jumpai installer virtualbox guest addition di bagian CD/DVD ROM nya. Kemudian kita install vBoxWindowsAddition nya.

Setelah vBoxWindowsAddition terinstall dengan baik, siapkan folder yang akan di share. Klik Devices > Shared Folders. Lalu add new shared folders. Setelah itu mohon diingat baik-baik namanya (bukan path nya). Lalu di virtual windows tersebut buka cmd ( Run > cmd). kemudian ketik sebagai berikut :

net use x: \\vboxsrv\nama_folder 

x disana diganti dengan huruf apapun yang belum dipake menjadi drive. Misalkan : c sudah dipake untuk windowsnya, d untuk CD-ROM, dan e belum dipakai, maka ubah x tadi menjadi e. Lalu nama_folder diubah dengan nama folder yang di share tadi.

Lalu simsalabim, folder yang kita share itu muncul disana, di drive x.

Selamat mencoba !

Advertisements

5 thoughts on “Shared Folder Virtual Windows-Ubuntu di VirtualBox

  1. perlu dingat juga bang memperhatikan pemilikan memory kita.
    jangan sampai hanya punya memory 512 MB digunakan untuk install virtualbox…
    ha ha ha pengalaman pribadi..

    1. hahaha … iya iya betul sekali.
      Ini seharusnya masuk ke pembahasan penginstalan virtual OS di virtualbox.
      Pengalaman pribadi ya fin ? ;))
      Tapi kalo windowsnya versi windows’98, atau windows ME kayaknya masih bisa ๐Ÿ˜€

  2. satu satunya kenapa saya butuh windows adalah saya memiliki TV tuner gadmei yang hanya support windows XP dengan requairement memory minimum 512 MB. jadi tetep aja bang ga bisa.
    dan satu satunya jalan adalah menginstall lagi windows XP (maksudnya dual boot)

  3. bos…thank you bangetssss tulisannya ngebantu gw mendapatkan solusi…hehe maklum pendatang baru neh di dunia linux…muaaaakaciihhhhhhh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s